Home
kampus
Presentasi Hasil Perkuliahan Pengabdian Masyarakat

Presentasi Hasil Perkuliahan Pengabdian Masyarakat


Selasa, 2014-10-14 - 10:52:35 WIB

STAI Ngawi - Pada tanggal 13 September 2014 diadakannya acara "Presentasi Hasil Perkuliahan Pengabdian Masyarakat Berbasis PAR" yang di presentasikan oleh mahasiswa dan mahasiswi STAI Ngawi setelah melakukan pengabdian masyarakat selama 1 bulan di 4 Desa di Kec. Bringin Kota Ngawi.

Participatory Action Research (PAR) adalah suatu basis penelitian yang tidak hanya mengedepankan tujuan dari suatu institusi atau tujuan yang dimiliki oleh seorang peneliti. Akan tetapi PAR adalah suatu basis penelitian yang mulai diterapkan dikalangan peneliti karena penelitian berbasis PAR tidak hanya mementingkan hasil keilmuwan, akan tetapi juga menitik beratkan pada perubahan dan pemberdayaan masyarakat secara partisipatif. 

Sedikit tentang PAR, seorang peneliti yang menerapkan PAR berperan sebagai fasilitator bagi masyarakat. Berbagai masalah yang ada dilapangan tidak hanya diidentifikasi oleh peneliti akan tetapi melibatkan masyarakat secara langsung, dan disinilah hal yang membedakan antara penelitian yang berbasis PAR dan penelitian yang lainnya. Tidak seperti penelitian yang sering dilakukan, penelitian dengan menerapkan PAR menuntut seorang peneliti untuk lebih kritis dalam menanggapi data yang didapatkan di lapangan.

PAR tidak hanya penting untuk diterapkan dalam hal penelitian, karena jika semua orang bisa merefleksikan PAR dalam kehidupan sehari-hari, proses social akan berjalan dengan baik. “Prinsip-prinsip yang harus diterapkan dalam PAR diantaranya adalah mementingkan kedekatan pikiran maupun emosional dan mengedepankan kedekatan antara seorang peneliti atau tim penelitian dengan masyarakat yang dihadapinya” inilah yang diungkapkan oleh seorang peneliti yang telah memiliki banyak pengalaman dalam hal penelitian. Karena jika seorang peneliti sudah berada di lapangan,maka semua status social sudah harus ditangalkan dan status social seorang peneliti sudah tidak lagi berlaku, dan itulah yang akan mempermudah seorang peneliti dalam membangun kedekatan dengan masyarakat. 

Dari hal diatas dalam pengabdian masyarakat kali ini para mahasiswa sukses memberikan dampak positif  bagi masyarakat dan memberikan perubahan serta kemajuan bagi desa terkait. Dengan modal ini diharapakan para mahasiswa jika nanti sudah lulus dan di wisuda dapat langsung terjun ke masyarakat luas dan dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah.


Share Berita