Kapolres Ngawi, AKBP Pranatal Hutajulu, S.H., S.I.K, M.H, Rektor IAI Ngawi, Drs. KH. Mustaqim, Dip.Is, M.Pd.I., Dandim 0805 Ngawi, Lektol Arh Hany Mahmudhi, S.E., dan Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono, menghadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-73 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur (Rabu, 10 Juli 2019)


Pada momen upacara memperingati Hari Lahir Bhayangkara ke-73 di Kawasan Monas Jakarta (Rabu, 10 Juli 2019), Presiden Joko Widodo menyampaikan lima butir instruksinya kepada Kapolri dan Institusi Polri secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kinerja Polri dalam penegakkan hukum dan pelayanan kepada masyarakat. Lima instruksi Presiden Joko Widodo tersebut, adalah: Pertama, tingkatkan kualitas SDM Polri; kedua, kedepankan strategi proaktif, preventif, dan humanis dalam penegakan hukum; ketiga,tingkatkan pelayan publik yang modern, mudah, dan cepat; keempat, tingkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum; dan kelima, perkuat koordinasi dengan TNI dan Lembaga Terkait Lainnya.


Lima Instruksi tersebut akan dijadikan prioritas kerja oleh Polres Ngawi. Terkait itu, Polres Ngawi, di bawah pimpinan AKBP Pranatal Hutajulu, S.H., S.I.K, M.H., akan secara cepat dan responsif melakukan pembenahan, peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan upgrading kualitas SDM personilnya. Tentang koordinasi dengan TNI, Pemerintah, dan lembaga terkait, Kapolres Ngawi telah bekerjasama dengan Dandin 0805 Ngawi, Lektol Arh Hany Mahmudhi, S.E., Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono, dan Rektor IAI Ngawi, Drs. KH. Mustaqim, Dip.Is, M.Pd.I. dalam upaya penegakan hukum dan penguatan pilar-pilar kebangsaan. Sinergi dan kerjasama tersebut akan terus diperdalam dan diperkuat. Bupati Ngawi dan Dandim 0805 Ngawi menilai bahwa kinerja Polres Ngawi selama ini sudah sangat prima dan menyambut baik komitmen Kapolres Ngawi untuk meningkatan kinerja Institusinya.


Rektor IAI Ngawi sendirimenyatakan sangat mengapresiasi kemitraan antara Polres Ngawi dan Perguruan Tinggi. Selain melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, atau tridharma perguruan tinggisebagaimana lazimnya kampus yang lain, IAI Ngawi secara spesifik memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan kultur keislaman yang moderat dan menghargai pilar-pilar kebangsaan bagi civitas akademiknya dan masyarakat. Komitmen tersebut pun sudah ditetapkan secara resmi sebagai dharma keempat IAI Ngawi dan ditelah dimplementasikan dalam upaya taktis-strategis, di antaranya lewat mata kuliah aswaja dan kebangsaan, sertifikasi standar keberagamaan yang moderat bagi para mahasiswa tingkat akhir, pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengawal Ideologi Bangsa (PIB),dan perintisan pesantren mahasiswa berbasis pemahaman Islam yang moderat atau Islam washatiyah. Kerjasama dan sinergi antara Polri, TNI, Pemerintah, dan Perguruan Tinggi sangat diharapkan demi menopang pengadian Polri yang profesional. modern, dan terpecaya kepada Masyarakat, Bangsa, dan Negara. Selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara-Polri yang ke-73. Kita, masyarakat, bangsa, dan negara ini, senantiasa mendukung dan berharap banyak kepada Institusi Polri. [AH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *