Kamis, 21 November 2019, menjadi hari berharga bagi civitas akademik IAI Ngawi. Dalam satu hari tersebut dihelat 3 (acara) penting sekaligus, dalam rangka menunaikan amanah dharma keempat dari Catur Dharma IAI Ngawi, yakni pengembangan karakter Aswaja NU sekaligus penguatan nilai dan semangat kebangsaan.


Acara pertama adalah penandatanganan Nota Kesepahaman antara IAI Ngawi dan Kantor Kesbangpol Ngawi terkait kerjasama dalam 3 (tiga) hal, yakni penguatan ideologi Pancasila lewat pelatihan-pelatihan di lingkup sekolah dan perguruan tinggi, penelitian dan publikasi ilmiah akademik terkait dengan penguatan Ideologi Pancasila, dan pengembangan masyarakat pada aspek-aspek yang lain.


Acara Kedua adalah Seminar Penguatan Ideologi Pancasila dalam rangka Kontra Radikalisme yang diikuti oleh seluruh kepala SLTA dan Madrasah Negeri dan Swasta se-Kabupaten Ngawi. Sebagai bentuk kerjasama dengan Kantor Kesbangpol Ngawi, seminar tersebut menghadirkan dua pembicara otoritatif terkait penguatan semangat Kebangsaan dan Keislaman yang moderat, yakni KH. Ahmad Nadhif, Lc., M.E, Dosen Institut Pesantren Matholiul Falah Pati, dan Mahsun Fuad, M.Ag., Dosen Institut Agama Islam Ngawi. Para peserta seminar yang berjumlah kurang lebih 300 orang mengikuti pemaparan para narasumber dengan penuh atensi dan antusiasme.


Acara ketiga adalah pengukuhan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengawal Ideologi Bangsa IAI Ngawi. UKM Pengawal Ideologi Bangsa ini dibentuk sebagai dalam rangka meningkatkan kesadaran dan peran mahasiswa dalam rangka penguatan ideologi kebangsaan di Internal PT maupun di masyarakat. Keberadaan UKM Pengawal Ideologi Bangsa menjadi sangat penting di tengah ancaman penetrasi gencar ideologi politik ekonomi dan keagamaan transnasional di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat, yang berpotensi menggerus pilar-pilar kebangsaan Indonesia.


Tiga acara dalam satu hari tersebut, secara umum, selain menandai komitmen kuat Perguruan Tinggi dan Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam rangka penguatan aspek Ideologi bangsa, secara khusus, juga merupakan bentuk kemitraan strategis antara IAI Ngawi dan Kantor Kesbangpol Ngawi dalam rangka menginisiasi langkah nyata kontinyu berupa pelatihan-pelatihan di lingkup sekolah, PT, dan komunitas masyarakat terkait dengan penguatan Ideologi Pancasila dan kontra radikalisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *