Pada Minggu, 8 Desember 2019, mahasiswa IAI Ngawi bersama dosen ibu Hanifah Hikmawati, M.Sos melaksanakan kuliah outdoor ke Suku Samin Bojonegoro yang terletak di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, kecamatan Margomulyo, kabupaten Bojonegoro.

Kuliah outdoor ini sebagai pemenuhan praktik lapangan mata kuliah Filsafat Umum yang mana telah membahas materi tentang “Kebijaksanaan dan Kebenaran” saat di kelas.

Suku Samin Bojonegoro menjadi rujukan tempat yang disepakati karena suku ini melambangkan identitas masyarakat yang masih menjunjung tinggi norma dan nilai yang disampaikan leluhur mereka hingga kini.

Kuliah outdoor ini dilaksanakan secara singkat dari pagi hingga siang. Mahasiswa antusias bertanya dan menggali informasi tentang makna Suku Samin, lelaku hidup, adat istiadat, mata pencaharian, sistem ekonomi, dan sosial budaya. Penggalian informasi ini direspon baik oleh bapak Bambang selaku putra dari Mbah Harjo Kardi (generasi Suku Samin). Beliau juga bercerita secara jelas tentang silsilah, sejarah, lelaku, dan segala hal pada suku Samin.

Kuliah lapangan ini, perlu diadakan untuk meningkatkan nalar pikir kritis mahasiswa di era modern. Sekaligus sebagai wawasan luas yang harus digali mahasiswa sebagai bentuk kekayaan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *